Misa Jumat Pertama

Misa Jumat Pertama merupakan misa yang dirayakan setiap hari Jumat pertama dalam setiap bulan. Misa Jumat Pertama merupakan salah satu bentuk Devosi kepada Hati Kudus Yesus.

Teknis tata cara perayaan Misa Jumat Pertama sama seperti perayaan misa pada umumnya, sebelum berkat penutup diadakan penghormatan/pengagungan terhadap Sakramen Maha Kudus dalam monstran. Misa Jumat Pertama biasanya didahului dengan Devosi Adorasi kepada sakramen Maha Kudus yang telah ditahtakan di dalam monstran.

Santa Margaret Mary Alacoque (1647-1690) memperoleh wahyu pribadi dari Tuhan Yesus yang menghendaki perayaan liturgis Hati Kudus Yesus dan praktek mempersembahkan silih terhadap dosa- dosa yang dilakukan terhadap Sakramen MahaKudus, pada setiap hari Jumat pertama dalam setiap bulan.

Kasih kepada Yesus Kristuslah yang seharusnya menjadi dasar devosi dari umat Katolik. Kurangnya berdevosi kepada Hati Kudus Yesus menjadi salah salah satu sebab bagi jatuhnya seseorang kepada dosa yang cukup serius, sebab ia tidak memberi perhatian yang cukup dan tidak cukup terdorong untuk mempunyai kasih kepada Kristus.

Untuk maksud inilah Tuhan Yesus menyatakan kehendak-Nya kepada Santa Margaret Mary Alacoque, agar devosi dan perayaan Hati Kudus Yesus diadakan dan disebarluaskan di Gereja. Melalui devosi ini yaitu melalui adorasi dan doa, umat beriman membuat silih bagi segala luka yang diterima oleh Hati Kudus Yesus karena umat manusia yang tidak berterimakasih dan menghina Sakramen Maha Kudus.

Misa Jumat Pertama menjadi kerinduan Tuhan Yesus, seperti yang dinyatakan kepada Santa Margaret, bahwa setiap hari Jumat pertama setiap bulan dikhususkan untuk devosi dan adorasi kepada Hati Kudus Yesus. Kita harus mengaku segala kesalahan kita atas kekurangan hormat kita di dalam hadirat Allah dalam Sakramen Maha Kudus.

Komuni pada misa Jumat Pertama dipersembahkan untuk membuat silih terhadap segala bentuk penghinaan yang diterima Kristus dalam Sakramen Maha Kudus.

Meskipun devosi ini diadakan sekali sebulan sekali (pada hari Jumat Pertama) namun latihan- latihan rohani ini tidak terbatas hanya sebulan sekali pada hari itu. Bagaimanapun juga Yesus layak dihormati setiap saat.

Perayaan Misa Jumat Pertama di gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tegal dirayakan setiap bulan pada hari Jumat pertama dalam setiap bulan. Pelaksanaan misa Jumat pertama dimulai pukul 18:00 WIB. Terdapat perarakan sakramen Maha Kudus kepada umat yang diarak oleh imam kepada umat yang hadir, sakramen yang diarak diletakan dalam monstran.

Sebelum perayaan Misa Jumat Pertama diadakan Adorasi Sakramen Maha Kudus di ruang Aula Karya Kasih Paroki Hati Kudus Yesus Tegal mulai hari Kamis (sebelum Jumat Pertama) pukul 19:00 sampai Jumat sebelum Misa Jumat Pertama (sekira pukul 17:45) nonstop selama 24 jam.

Umat dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai Rasul Jaga Bakti, berjaga sakramen Maha Kudus selama sejam, dua jam, tiga jam, empat jam atau kelipatan sejam sesuai dengan kerinduan Anda terhadap sakramen Maha Kudus. Jaga bakti Sakramen Maha Kudus tidak boleh lowong (kosong) seminimal-minimalnya ada seorang yang berjaga. Maka dari itu dimohon partisipasi umat.

Sumber referensi tulisan dari :
catholictradition.org
katolisitas.org
group pesan WA Rasul Jaga Bhakti Paroki HKY Tegal

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *