Perayaan Hari Raya Kabar Sukacita

Pada hari ini tanggal 24 Maret, Gereja Katolik merayakan peringatan Hari Raya Kabar Sukacita.

Hari Raya Kabar Sukacita untuk mengenang kembali karyaNya dalam rencana Penyelamatan manusia. Lewat Malaikat Gabriel, Allah memberitahukan kepada Santa Perawan Maria bahwa ia akan mengandung ‘Anak’ dari Roh Kudus.

Anak dari Roh Kudus itu kelak menjadi Juruselamat bagi manusia. Ialah Yesus. Sang ‘Anak’ Allah.

Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. (Lukas 1:26-27).

Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. (Lukas 1:35).

Ada suatu momen suasana keheningan mendalam yang terjadi pada hari itu, saat dimana seluruh penghuni surga membungkuk untuk melayangkan pandangan ke bumi dalam keheningan, kepada seorang gadis sederhana bernama Maria, untuk mendengar jawaban apa yang hendak dia berikan. Sebuah jawaban yang akan menentukan keselamatan seluruh umat manusia.

Santa Perawan Suci menerima Kabar Sukacita dari Allah melalui malaikat Gabriel.

“Adapun Bapa yang penuh belaskasihan menghendaki, supaya penjelmaan Sabda didahului oleh persetujuan dari pihak dia, yang telah ditetapkan menjadi Bunda-Nya. Dengan demikian, seperti dulu wanita mendatangkan maut, sekarang pun wanitalah yang mendatangkan kehidupan.” (Lumen Gentium 56).

Sebelum Allah menciptakan manusia, Ia terlebih dahulu menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya dalam kebaikan, sehingga bisa menjadi tempat kediaman yang membahagiakan bagi manusia, demikian pula sebelum Ia mengutus Putra-Nya yang terkasih ke dalam dunia, Allah sungguh-sungguh memilih dan menetapkan wanita terbaik, seorang Perawan Suci, serta menganugrahinya dengan segala kelimpahan rahmat sebagai Bunda Allah.

Maria menyerahkan diri untuk terlibat dalam rencana Keselamatan tersebut seturut kehendak Allah.

Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia. (Lukas 1:38).

Perayaan Misa Hari Raya Kabar Sukacita di Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Tegal, pada pukul 05:30 WIB di Gereja HKY Tegal.

.
Sumber referensi :
https://jalankecil.com/2015/03/25/hari-raya-kabar-sukacita/

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *