OMK 

Yesus Wujud Pribadi Allah

Renungan.
Kamis, 26 April 2018.
Pembawa renungan Rm. Yohanes Suratman, Pr. Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Tegal.

Bacaan Injil Yohanes 13:16-20.

Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi supaya jika hal itu terjadi kamu percaya bahwa Akulah Dia.
(Yohanes 13:19).

Kutipan Injil di atas merupakan bagian dari Sabda perpisahan Yesus dengan para murid-muridNya. Dalam amanat perpisahan terakhirnya itu Yesus sedang mempersiapkan para muridNya tentang apa yang akan terjadi dengan Yesus sendiri.

Menurut Injil Yohanes, kematian Yesus di kelak kemudian hari itu bukan korban yang ditimpakan pada diriNya di luar kendaliNya, namun Ia mengetahuinya dengan penuh kesadaran. Ia tahu atas semua yang terjadi.

Yesus menyadari betul akan apa yang akan terjadi. Dan ditegaskan pula bahwa dalam kematianNya kelak justru orang akan percaya bahwa Ia adalah Tuhan.

Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saatNya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-muridNya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Yesus tahu, bahwa BapaNya telah menyerahkan segala sesuatu kepadaNya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.

(Yohanes 13:1-3).

Salah satu frase kunci yang digunakan adalah “Akulah Dia”. Ini adalah kata-kata yang Allah sampaikan kepada Musa ketika Musa meminta nama Allah pada saat Musa dipanggil Allah utk membebaskan umat Israel (lih. Keluaran 3:1-22).

Semua yang akan terjadi pada diri Yesus dalam penyalibanNya nanti, menyatakan bahwa Ia adalah Allah. Dan kita hanya diminta untuk mempercayaiNya.

Tuhan Yesus Memberkati. Amin.

.

Dikutip dengan izin, dari kumpulan renungan harian RD. Yohanes Suratman. Pastor diosesan (praja) di Keuskupan Purwokerto.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *