Hari Raya Pentakosta (Peristiwa Turunnya Roh Kudus)

Salam damai dalam Kristus.

Hari Pentakosta adalah hari pengenangan peristiwa turunnya Roh Kudus pada para Rasul Kristus dan sejumlah murid-murid pada waktu 50 hari dihitung dari waktu kebangkitanNya. Para Rasul dengan sejumlah murid-murid berkumpul dalam suatu tempat, kemudian Roh Kudus turun atas mereka.

Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

(Kisah Para Rasul 2:1-4).

Roh Kudus merupakan bentuk manifestasi nyata Allah yang hadir dalam jiwa kita untuk menuntun akal budi kepada kebenaran hidup.

Roh Kudus menaungi orang-orang yang percaya dan yang telah dibaptis dalam Kristus. Dalam diri orang yang lahir baru (dibaptis) Allah hadir dalam diri orang itu dalam bentuk Roh Kudus.

tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
(Yohanes 14:26).

sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintahNya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilihNya.
(Kisah Para Rasul 1:2).

Berkah Dalem.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *