OMK 

Pesta Santo Yakobus, Rasul

Tanggal 25 Juli di dalam Gereja Katolik di peringati sebagai hari peringatan Santo Yakobus (Rasul Yakobus).

Para rasul sadar bahwa menjadi pewarta Injil bukanlah hal yang mudah. Maut selalu menghantui dan mengancam. Namun mereka para rasul tetap bersyukur dan tenang sebab mereka dikarunia iman yang benar.

Mengikut Yesus bukanlah untuk mendapatkan kursi ataupun kekuasaan. Sebaliknya, menjadi pengikut Yesus karena termotivasi oleh pelayanan danmenjadi yang kecil.

Dari semula Yakobus giat penuh semangat. Ia mengesampingkan semua kepentingan dunia hingga ia mati dibunuh.
(St. Yohanes Krisostomus).

Santo Yakobus Rasul.

Yakobus berasal dari keluarga Zebedeus, keluarga nelayan. Yesus memanggil Yakobus dan Yohanes, saudaranya, untuk bergabung dalam Kelompok keduabelas Rasul dan selanjutnya diutus untuk mewartakan Kabar Gembira. Bersama Petrus dan Yohanes, Yakobus termasuk murid yang paling dekat dengan Yesus atau kelompok inti yang dekat dengan Yesus.

Rasul Yakobus disebut Yakobus besar (disebut juga Yakobus tua) hal itu untuk membedakannya dengan nama Yakobus lain yang juga masuk dalam kelompok 12 Rasul, yaitu Yakobus kecil, Yakobus anak Alfeus (bdk Mrk 3:18).

Yakobus menjadi rasul yang “pertama” mati dengan cara yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Ia dieksekusi mati dengan pedang oleh Raja Herodes Agripa, seperti dikisahkan dalam Kisah Para Rasul.

Kira-kira pada waktu itu Raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat.
Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang.
(Kisah Para Rasul 12:1-2).

Yohanes menjadi martir saat itu pada usia 44 tahun.

.
Dikutip dari berbagai sumber.
Ruah JAS 2018 Karmelindo.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *