Perayaan Hari Raya Hati Yesus Yang MahaKudus

Umat Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Tegal yang terkasih, Shalom. Bekah dalem.
Hari ini kita merayakan Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus.

Hari Raya ini juga diperingati sebagai hari pesta pelindung Paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Tegal. Paroki HKY Tegal memilih Hati Yesus Yang MahaKudus sebagai pelindung Paroki.

Penghormatan kepada Hati Yesus Yang Mahakudus berdasarkan tradisi yang sudah mulai berkembang sejak abad VII dan semakin tersebar luas setelah penampakan Yesus kepada Santa Margareta Maria Alacoque (1647-1690).

Pada tahun 1856, Paus Pius IX memasukkan Pesta Hati Kudus Yesus dalam penanggalan liturgi. Tetapi karena perayaan ini selalu jatuh pada hari kerja, maka banyak umat kurang memperhatikan dan mengabaikan.

Dalam perayaan ini kita diajak untuk merasakan dan memahami betapa lebar dan panjangnya, dan betapa tinggi dan dalamnya kasih Kristus.

sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.
Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,
dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

(Efesus 3:17-19).

Doa dan renungan tentang Hati Kudus Yesus seharusnya mendorong kita untuk mewujudkan kasih Tuhan ini dalam tindakan nyata ; berbagi dan berbelarasa dengan orang-orang miskin dan menderita.

Umat Katolik mengungkapkan kecintaannya kepada Hati Kudus Yesus melalui doa dan liturgi Ekaristi.

Keterangan tambahan :
Pujian Hari Raya Hati Yesus Yang MahaKudus, misalnya Puji Syukur nomor 207. Dalam setiap bagian doa tersebut selalu diulangi dengan permohonan yang sama: “Hati Yesus yang mahakudus, jangan memperhitungkan dosa kami.”
Doa Puji Syukur nomor 209, selalu diulangi permohonan: “Kasihanilah kami.”

”Tuhan, jadikanlah hati kami menjadi seperti Hati-Mu: penuh kasih, lemah lembut, dan rendah hati.”

Selamat merayakan Hari Raya Hati Yesus Yang MahaKudus. Selamat merayakan hari pesta pelindung Paroki Hati Kudus Yesus Tegal. Semoga Hati Kudus Yesus dikasihi dimana-mana, sekarang dan selamanya.

Ametur Ubique Terrarum Cor Iesu Sacratissimum.

Pengumuman tambahan :
Misa syukur pesta pelindung Paroki Hati Kudus Yesus Tegal akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 08 Juni 2018 pukul 18:00.

Perayaan ekaristi dimulai dengan perarakan patung Hati Kudus Yesus dari Aula Karya Kasih Paroki HKY Tegal dan ditahtakan di altar gereja HKY Tegal.

Selama perarakan berlangsung akan didaraskan doa dan permenungan doa Koronka.

Perayaan syukur Hati Kudus Yesus akan diakhiri dengan makan tumpeng bersama umat yang hadir di Aula Karya Kasih Paroki HKY Tegal setelah selesai misa.

Silahkan umat bisa berpartisipasi dalam misa pesta pelindung Paroki Hati Kudus Yesus Tegal.

Berkah dalem.
Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *