Refleksi BKSN (Bulan Kitab Suci Nasional)

Sejalan dengan pernyataan dalam Konsili Vatikan II melalui kutipan Dei Verbum yang berbunyi “Bagi kaum beriman Kristiani jalan menuju Kitab Suci harus terbuka lebar-lebar” (Dokumen DV no. 22) maka dalam Gereja Katolik di Indonesia, bulan September dikenal sebagai (hari) Bulan Kitab Suci Nasional.

BKSN yakni bulan dimana hari-hari dalam sebulan itu digunakan untuk mengintensifkan umat beriman untuk membaca dan merenungkan Kitab Suci, walaupun demikian sebenarnya membaca Kitab Suci seyogyanya juga tidak hanya sesaat pada ‘musim’ BKSN saja melainkan sepanjang waktu.

Juga santo Hierenimous pernah berkata “tidak mengenal Kitab Suci, tidak mengenal Allah” maka dari itu umat seharusnya akrab dengan Kitab Suci.

Puji Tuhan, di Indonesia umat Katolik boleh berbangga diri sebab jalan menuju Kitab Suci sudah terbuka lebar-lebar dengan hadirnya Lembaga Biblika Indonesia yang secara resmi menjadi semacam badan penterjemah dan pengadaan Kitab Suci untuk umat Katolik Indonesia (Kitab Suci Alkitab Deuterokanonika). Lagi pula sekarang Alkitab tidak hanya tersedia dalam bentuk versi fisik (buku) saja, melainkan sudah ada (banyak) yang sudah dalam bentuk digital yang bisa diaplikasikan di gawai/gadget smartpone.

Berangkat dari itu, sepertinya semenjak beberapa tahun yang lalu umat di Paroki Hati Kudus Yesus Tegal sudah mulai ada dan berkembang semacam kursus Kitab Suci, atau barangkali sebutan lebih cocoknya adalah kelompok-kelompok yang menawarkan pembelajaran Kitab Suci secara menyeluruh (Perjanjian Lama – Deuterokanonika – Perjanjian Baru).

Diantara kelompok yang ada, kelompok yang menarik yakni kelompok yang menggunakan jejaring perpesanan instan di aplikasi WhatsApp (WA). Di group WA kelompok Suci Itu menuntun anggotanya agar lebih akrab membaca Kitab Suci secara mandiri (sendiri-sendiri) kemudian melaporkan hasil bacaan Kitab Suci di group WA dengan menulis keterangan bab-ayat Kitab Suci yang dibacanya.

Umumnya pembacaan Kitab Suci di group WA dilakukan secara periodik setiap hari, dalam sehari para anggota membaca beberapa bab-ayat yang sebelumnya telah ditentukan. Kemudian setelah membaca bab-ayat yang telah ditentukan barulah seorang melaporkannya di group WA beserta bab-ayat yang telah selesai dibacanya.

Tentu dengan adanya WA Group kelompok Kitab Suci ini membawa angin segar juga bagi para pencinta Kitab Suci dan bagi siapa saja yang ingin membaca Kitab Suci secara khatam (menyeluruh, tamat).

Bagaimana dengan Anda?
Sudah tertarik membaca Kitab Suci?
Salam Kitab Suci mania

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *