Seputar Trihari Suci (Triduum) dan Paskah

Seputar Liturgi Gereja Katolik. Trihari suci (Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci), Minggu Palma, Pekan Suci.

TriHari Suci.
Dalam tahun liturgi Gereja Katolik terdapat tiga Hari Suci sebelum Paskah, atau dikenal dengan Triduum.
Tiga Hari Suci sebelum hari Paskah (Hari Minggu Paskah) yakni; Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci.

  1. Kamis Putih. Mengenang Perjamuan Terakhir Yesus sebelum wafat dan kemudian dibangkitkan ke surga. Yesus dalam Perjamuan Terakhir mengamanatkan untuk melakukan Perjamuan Kudus dalam rupa roti (lambang Tubuh mistik Kristus) dan anggur (lambang darah Perjanjian Baru Kristus yang kekal).
  2. Jumat Agung. Mengenang Yesus disalibkan dan wafat, Yesus disalibkan untuk menebus dosa kita. Kemudian setelah disalibkan tiga jam kemudian Yesus wafat. Yesus dibangkitkan dari kematian pada hari yang ketiga setelah Ia wafat, Ia naik ke surga dan duduk disebelah kanan Allah Bapa.
  3. Sabtu Suci. Berkabung selama Yesus wafat, merasakan dan meresapi sengsara dan wafat Yesus untuk menebus dosa-dosa kita.

Pada hari-hari itu kita umat beriman Katolik diingatkan kembali bahwasanya Yesus (sebagai Tuhan dalam rupa manusia) bersedia mati disalibkan untuk menebus dosa-dosa kita dan dibangkitkan pada hari yang ketiga.
Dalam hal ini Allah Bapa menegaskan melalui Yesus bahwa kematian itu bukan akhir dari hidup kita melainkan dari kehidupan baru.

“Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

(Matius 28 : 18-20)

Paskah.
Paskah dalam Gereja Katolik merupakan hari dimana Tuhan Yesus dibangkitkan, setelah sebelumnya disalibkan, wafat dan dimakamkan. Kemudian bangkit pada hari yang ketiga. Paskah secara umum disebut sebagai hari kebangkitan Tuhan Yesus Kristus.

  • Malam Paskah adalah saat di mana kita merasakan sambil berjaga-jaga menantikan kebangkitan Tuhan. Yesus yang wafat akhirnya beralih dari alam kematian menuju kebangkitan.
    Malam Paskah dapat juga disebut dengan vigili Paskah. Vigili berasal dari kata bahasa Latin: vigilis yang artinya berjaga-jaga atau bersiap-siap. Karena itu, pada perayaan malam Paskah ini kita berjaga-jaga bersama Yesus. Bersiap-siap menantikan peralihan Yesus dari alam kematian menuju kehidupan.
  • Minggu Paskah disebut juga Hari Raya Kebangkitan Tuhan. Hari ini adalah puncak peringatan liturgi Gereja Katolik. Hari Raya Kebangkitan Tuhan ini adalah hari raya dari segala hari raya. Hari itu menjadi hari yang amat istimewa karena Yesus telah bangkit dari kematian. Yesus telah mengalahkan dosa dan maut dengan kebangkitan-Nya. Melalui kebangkitan-Nya, Yesus mau menunjukkan bahwa Ia sungguh-sungguh Putera Allah dan memberi harapan pada kita tentang adanya kerajaan Surga.

Maka anggapan bahwa,”Saya sudah hadir ikut Misa tadi malam (Paskah), maka hari Minggu (Paskah) tidak perlu lagi ikut Misa” adalah anggapan yang tidak tepat.

Pekan Suci.
Seminggu yang ‘muram’ dalam keheningan merefleksikan peristiwa sebelum kematian Yesus: sambutan penuh harapan dan sukacita-Nya di Yerusalem; pengkhianatan atasNya oleh Yudas; perjamuan terakhir dengan dua belas rasul-Nya; penangkapan, penyaliban dan kematian-Nya; serta dimakamkanNya.
Seminggu sebelum hari raya Paskah dikenal sebagai Pekan Suci. Ini dimulai pada hari Minggu Palma dan sampai Paskah, peristiwa kebangkitan Yesus yang naik ke surga.

Minggu Palma.
Pada hari Minggu Palma kita mengenangkan peristiwa prosesi Yesus ke Yerusalem yang terjadi beberapa hari sebelum kematiannya. Menurut Injil, orang-orang dari Yerusalem memegang cabang pohon dan dedaunan Palma, dan sebagainya di jalan untuk menyambut Yesus saat Ia mengendarai seekor keledai memasuki kota Yerusalem.
Saat ini kita menggunakan daun Palma saat kita memasuki gereja pada hari Minggu Palma. Misa Minggu Palma biasanya didahului dengan perarakan daun palma.

.
Sumber referensi :
tentang Paskah
https://kkis.org/kkis/index.php/content/content_details/artikel/46/Makna-Penting-Perayaan-Malam-Paskah-Minggu-Paskah
tentang Pekan Suci dan Minggu Palma
http://www.kaj.or.id/2016/03/21/9360/umat-katolik-merayakan-pekan-suci-ini-penjelasannya-umumnya.php

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *