OMK 

Santo Yohanes Yosef dari Salib

Ulasan singkat tentang St.Yohanes dari Salib.

“Allah adalah Bapa yang lembut, yang mengasihi dan mendukung kita semua” (St. Yohanes Yosef dari Salib).

Yohanes Yosef dari Salib adalah seorang mistikus Fransiskan yang lahir pada 15 Agustus 1654 di Naples, Italia. Ia berasal dari keluarga bangsawan, namun memiliki semangat kerendahan hati. Hal ini ditunjukanya lewat cara hidupnya yang sangat sederhana dengan berpakaian layaknya seperti orang miskin.

Yohanes Yosef dari Salib masuk biara pada usia 16 tahun dan memilih untuk bergabung dalam Ordo Fransiskan. Ia mempunyai semangat matiraga yang luar biasa. Setiap malam ia hanya tidur tiga jam dan makan makanan yang sangat sederhana. Setelah masuk biara, ia memiliki niat untuk hidup menyerupai Yesus dalam hal pengorbanan.

Ia kemudian ditahbiskan menjadi imam dan diangkat menjadi superior di Santa Lusia, Naples, Italia. Dalam menjalankan tugasnya, ia lebih memilih untuk melakukan tugas sederhana yang tidak dikehendaki oleh orang lain. Ia menampilkan diri sebagai seorang biarawan yang arif, penuh pengertian, tekun berdoa dan beriman teguh.

Yohanes Yosef dari Salib adalah pribadi yang berbelas kasih. Ia tidak pernah menunggu orang datang kepadanya untuk memintapertolongannya. Tetapi, ia sendiri yang pergi dan mencari mereka yang membutuhkannya. Selain itu, Yohanes Yosef dari Salib juga amat dicari oleh sesamanya kareia ia diketahui memiliki karunia penyembuhan dan bernubuat. Karunia ini adalah tanda karya Allah yang nyata dalam dirinya. Dia memiliki kecintaan dan devosi yang besar kepada Bunda Maria dan berusaha untuk menghantar orang agar memiliki kecintaan yang sama pila kepada Bunda Maria.

Yohanes Yosef dari Salib dikenal sebagai imam Tuhan yang kudus yang dihayatinya hingga akhir hidupnya. Meskipun mengalami penderitaan karena sakit keras yang ia derita, tetapi ia tetap memilih untuk bekerja demi melayani Tuhan lewat pelayanan kepada sesama.

Yohanes Yosef dari Salib meninggal pada 6 Maret 1734 dalam usia 80 tahun. Ia dibeatifikasi oleh Paus Pius VI pada 24 Mei 1789 dan dikanonisasi oleh Paus Gregorius XVI pada 26 Mei 1839.

.
Doa Kepada Santo Yohanes Yosef dari Salib.
Santo Yohanes Yosef, hari ini kami memohon dengan perantaraanmu;
Doakanlah kami agar kami dapat belajar rendah hati dan memilih sikap melayani daripada dilayani.
Dengan demikian, kami dapat mengikuti jejak Yesus,
yang datang ke dunia bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani.
Dialah Tuhan dan Juruselamat kami,
kini dan sepanjang masa.
Amin.

.
Sumber : Ruah JFM 2019 Karmelindo. Malang.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *