Sinode OMK 2018 | Tempat Khusus dalam Karya Pastoral untuk Orang-orang Muda

Salam Damai dalam Kristus. Berkah Dalem.

Tempat-tempat Khusus dalam Karya Pastoral.
Gereja menawarkan kepada orang-orang muda tempat-tempat khusus untuk pertemuan, pendidikan dan evangelisasi, perayaan dan pelayanan.

  1. Hari Orang Muda Dunia menonjol pada level dunia. Konferensi Waligereja dan Keuskupan semakin merasa bertanggung jawab menawarkan beragam acara dan pengalaman-pengalaman khusus bagi orang-orang muda.
  2. Paroki menyediakan tempat, kegiatan-kegiatan, waktu dan jadwal bagi generasi muda. Hidup sakramental menawarkan kesempatan-kesempatan mendasar untuk berkembang dalam kemampuan menerima anugerah Allah dalam hidup mereka dan merupakan ajaran untuk aktif terlibat dalam tugas perutusan Gereja.
  3. Universitas-universitas Katolik dan sekolah-sekolah Katolik dengan pelayanan mereka yang berharga di bidang kebudayaan dan pendidikan, adalah sarana lain kehadiran Gereja diantara orang-orang muda.
  4. Kegiatan-kegiatan sosial dan kerja sukarela memberi kesempatan untuk pelayanan murah hati.
  5. Perkumpulan, persekutuan dan gerakan Gereja, dan juga banyak pusat spiritualitas menawarkan kepada orang-orang muda dalam program-program khusus untuk mereka.
  6. Seminari-seminari dan rumah-rumah pembinaan merupakan tempat yang penting dan strategis, karena memiliki tugas untuk memberikan kepada orang-orang muda yang menanggapi panggilan Allah. Pengalaman-pengalaman, termasuk hidup komunitas yang intens akan membuat mereka mampu mendampingi orang lain.

Dunia Digital.
Orang muda mengenal teknologi dunia digital, kehadiran dunia digital, daring (dalam jaringan), sosial media mampu menawarkan akses informasi tak terbatas dan cepat. Selain dunia digital (internet, media perpesanan) juga masih ada warta paroki dan buletin gereja yang masih eksis untuk mengekspresikan ide gagasan dan aspirasi orang muda.

Bahasa Karya Pastoral.
Gereja menyediakan ruang bagi dunia orang-orang muda dan bagi ‘bahasa’ mereka dengan memuji dan menghargai kreativitas dan talenta-talenta mereka.
Musik serta ungkapan seni merupakan ‘bahasa’ ekspresif istimewa yang menyertai pertumbuhan orang-orang muda.

Keheningan, Kontemplasi dan Doa.
Membina keakraban dengan Tuhan perlu dikalakukan oleh orang muda dengan bantuan bimbingan pendamping orang muda. Refleksi diri dan berdialog dengan Tuhan melalui bacaan Alkitab selalu dianut dan diajarkan oleh Gereja.

Dalam hatinya setiap orang muda dapat mengalami kelembutan, keintiman dan keberanian kesaksian dan perutusan.

.

Rangkuman Dokumen persiapan Sinode OMK 2018 diterbitkan oleh Dokpen KWI dan Komkep KWI.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *